dailyensimple Blog

WhatWeSee WordPress.com weblog

music is life Oktober 9, 2011

Filed under: speakloud 'music' — speakloudhere @ 11:06 pm

Musik adalah sebuah hiburan & bersifat umum. Begitu banyak jenis musik di setiap negara. But let me talk about Indie music. Indie udah pasti adalah musik yg idealis & independent. Jenis musiknya cenderung sulit untuk di terima oleh masyarakat khususnya Indonesia. Ada yg menyebut aliran musiknya “Punk”, “Pop Punk”, “Hardcore”, “Grunge”, “Metal”, Alternative rock, dsb.

Kenapa sih disebut band indie ? itu sering jadi pertanyaan kaum awam. Indie memang tidak hanya bercerita tentang independent & idealis. Kalau sediki boleh gw jabarkan (Setau gw aja), alasan disebut indie karena para musisi indie ini bergerak sendiri dalam menggerakan band & mengenalkan musiknya. Dari mereka recording untuk album / biasanya sih awal2 EP dulu, label yang di pakai mereka tidak terikat dengan label2 besar atau biasa kita sebut label major, promo (mrk ke radio-radio untuk mengenalkan lagu mrk tapi perlu digaris bawahi utk bisa diputar di radio bukan hal yang sekali kasih langsung diputerin malah terkadang CD mereka Cuma ditaro aja/didenger sekali and done, fyler, pamflet, cover CD, merchandise) soundman, crew biasanya temen ke temen (awal2 karir biasanya hny kasih uang rokok&mkn) & semua itu atas biaya mereka sendiri (ntah dari hasil mrk manggung, setiap personil nabung tiap minggu atau yg udah dikenal bisa dari sponsor/endorsement & management).  Ada cara lain dari mengenalkan musik & ini biasanya dilakukan oleh band-band indie yg baru berdiri, yaitu ikut acara kolektifan. Apa tuh kolektifan ? Itu gigs yang biasanya band yang ikut serta dikenakan biaya atau share tiket (band membantu panitia untuk menjual tiket) & dalam gigs itu biasanya bisa ada 15-20 band lebih dengan tempat yg terkadang too small serta alat yang ala kadarnya & ditambah lagi kalo band baru sering dapet respon audience yang F to the Lat a.k.a FLAT. Mrk Cuma duduk / berdiri tapi no dancing , singing just stay in one place n no any move.

Bila kita sedikit memantau musik indie di Indonesia, kita pasti tahu ada band2 yang sudah berkiprah lama dan berkiprah tidak hanya di dlm negeri sendiri. Tetapi semua itu tidak mudah didapat oleh para musisi indie. Di tentang oleh banyak orang umumnya dirasakan oleh semua musisi indie, kesulitan untuk mendapatkan ijin mengadakan event, kerusuhan yang sering terjadi disaat acara berjalan yg akhirnya itu sering menjadi penghambat mrk utk bisa manggung di sebuah event  adalah bagian dari perjalanan mereka. Semua itu tidak pernah mematahkan semangat mrk untuk mendirikan bendera Indie & membuktikan mrk tidak perlu ditakuti seperti itu dgn prestasi musik & karir mrk.

Semakin bertambahnya zaman, satu persatu band-band indie di Indonesia mulai dikenal oleh masyarakat umum baik melalui tv, radio, media cetak. Hanya memang cukup diseleksi utk bisa masuk ke TV maupun Media cetak krn pastinya diliat dari jam terbang, sebanyak apa org mengenal band tsb sedangkan radio pastinya dari musiknya (sesuai sama pendengar radionya ga, gmn musiknya) dan keuntungan di sebuah radio adalah sebagian radio khususnya radio kawula muda punya program utk band-band indie. Jadi buat band-band indie baru ataupun lama bisa kirim demoNya (red : CD Lagunya)

It’s for me to talk about the arrangemet , yaa….sharing2 sedikit aja sih & berdasarkan pengalaman pernah megang band pop punk. Bukan bermaksud sok tau tp share yg gw tau aja. Emg penting yah bikin karakter musik dlm band kita sendiri ? Apa asal buat aja yg penting bisa diterima listener ? Seberapa besar peran vokalis dlm membentuk sebuah karakter dlm band ?  Gw perjelas lagi gw share berdasarkan experience aja. Awalnya memang buat musik asal jadi, enak didenger, yang penting pny lagu.  Itu yang mungkin bisa dibilang proses pertumbuhan sebuah band tapi balik lagi kalo bandnya emang mau berkembang  & maju. Band yang awalnya asal genjreng, pada prosesnya mereka mencoba mendewasakan musiknya dengan membuat musiknya mungkin lebih easy listening tapi ttp pada genre musiknya, aransemen musik yang dibuat lebih kreatif ntah dari sisi drum, efek2 gitar, melodi, vokal, lirik. Biasanya mrk dipengaruhi oleh musik band lain, saran dari teman&seniornya. Karakter dalam sebuah musik di band buat gw sangat penting, soalnya ketika org denger musik kita tapi ga liat secara visual kalo musik kita udah punya karakter..tanpa orang harus liat secara visual udah bisa tau apa bandnya & sama hal nya dengan vokalis. Karakter seorang vokalis dalam vokalnya adalah hal penting juga. Alasannya buat gw ga jauh beda sama seberapa pentingnya karakter musik dlm sebuah band. 

Iklan